Tips Liburan di Bali Untuk Seorang Traveller Pemula

Tips Liburan di Bali – Bali adalah destinasi wisata di Indonesia yang sudah menjadi idaman bagi setiap orang untuk berkunjung dan menikmati keindahanya. Pulau dengan julukan Pulau Dewata ini selalu memiliki sisi menarik untuk diselami. Keindahan alam, budaya, serta tempat-tempat wisata modernnya, semuanya lengkap.

Jika anda belum pernah ke Bali, cara paling mudah berkunjung kesana tentu saja menggunakan jasa agen perjalanan (travel  agent). Ada banyak sekali jasa agen yang menawarkan travel surabaya malang, Bali, Banyuwangi, Lombok yang mana segala sesuatunya akan diurus mereka perihal akomodasi perjalanan. Mulai dari tiket perjalanan menuju ke Bali, hotel untuk menginap, transportasi selama berada di Bali, dan berkunjung ke obyek-obyek wisata yang di kehendaki.

Sesungguhnya tanpa travel agent pun tak masalah. Tidak sulit merencanakan sendiri perjalanan ke Bali. Agenda kita di sana menjadi sangat fleksibel, disesuaikan dengan minat khusus masing-masing. Biaya yang dikeluarkan juga relative lebih hemat jika tahu tips dan triknya.

Berikut adalah tips liburan di bali yang perlu kalian tahu…

  1. Tentukan Waktu Terbaik Untuk Berlibur

Tentukan Waktu Terbaik Untuk Berlibur

Saat ingin berkunjung ke bali yang harus kalian lakukan pertama adalah mencari waktu yang tepat. Di Bali ada istilah High season (musim padat kunjungan) dan Low Season (musim yang tidak padat kunjungan), ada baiknya kalian hindari untuk datang di high season.

Selain harga yang naik, pada saat high season di Bali, sebagian besar jalan di Bali akan terjadi kemacetan yang sangat padat, terutama pada kawasan tempat wisata akan penuh sesak. High season biasa terjadi saat libur panjang hari raya, libur sekolah dan libur tahun baru.

Usahakan pula berkunjung saat musim kemarau, supaya agenda selama di sana tak terganggu oleh hujan. Karena memang sebagian besar destinasi wisata di Bali ada di alam terbuka. Saat hujan, tentu akan merepotkan diri sendiri.

  1. Dana (Budget/Biaya)

Dana (Budget atau Biaya)

Berwisata ke bali dengan biaya yang minim terdengar seperti hal yang tidak mungkin, karena harga di bali terkesan mahal. Tapi jika kalian bisa mengatur keuangan dengan bijak saya yakin biaya yang di keluarkan tidak akan terlalu  mahal.

Pertama pisahkan biaya untuk akomodasi dan ticketing dari biaya untuk keperluan penginapan, makan, tiket masuk tempat wisata dan keperluan membeli oleh-oleh.

Untuk keamanan lebih baik bawa uang secukupnya saja dalam dompet sisanya bisa kalian simpan di akun bank kalian dan dapat diambil sewaktu-waktu via ATM bila membutuhkan.

  1. Penginapan Yang Tepat

 

Penginapan Yang Tepat

Banyak sekali pilihan penginapan yang bisa kalian pilih, dari yang murah sampai hotel bintang lima yang mewah. Jika ingin penginapan yang murah pilihanya jatuh di kuta. Kawasan sekitar jalan Three Brothers, Gang Poppies (1 dan 2), Gang Puspa Ayu, Jalan Raya Tuban atau Jalan Bakung Sari.

Harga sewa berkisar antara 100 ribu sampai 350 ribu per hari. Fasilitas yang disediakan juga memadai, yaitu single bed, kipas angin dan kamar mandi dalam. Kamu sebaiknya memeriksa informasi dan reputasi masing-masing penginapan melalui internet agar tak salah pilih.

  1. Transportasi Di Bali

Transportasi Di Bali

Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kalian sewa tergantung dari biaya dan jangkauan wilayah yang ingin kalian explore.

Jika ingin menikmati suasana yang letaknya tak jauh dari tempat menginap paling nyaman ya jalan kaki, biaya yang lebih murah, praktis, dan setiap sudut bali bisa dinikmati secara detil dengan berjalan kaki.

Untuk menjangkau tempat yang lebih luas, kalian bisa menyewa motor dengan tariff sekitar 70 ribu per hari. Namun jika menginginkan menjelajah Bali lebih jauh, untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata popular tentu saja yang paling ideal adalah dengan menyewa mobil.

  1. Tempat Makan

Tempat Makan

Memilih tempat makan adalah tips liburan ke bali yang memegang peranan vital dalam kepuasan liburan kalian. Untuk kalian yang Muslim, kalian harus hati-hati dalam memilih tempat makan. Untuk mendapatkan makanan halal paling aman adalah mengunjungi rumah makan padang, warung jawa, warung seafood atau jika ingin makan di restoran lebih baik Tanya dulu apa menyediakan makanan halal atau tidak.

  1. Aktivitas Wisata

Aktivitas Wisata

Jika liburan ke Bali, pasti kalian akan mengunjungi tempat wisata yang ada di pulau Bali. Untuk memudahkan pengaturan budget liburan, sebaiknya anda membuat daftar tempat yang akan di kunjungi dan mengetahui daftar harga tiket masuk tempat wisata di pulau Bali. Dengan membuat list kunjungan dan mengetahui harga tiket masuk objek wisata, maka anda akan dapat mengatur budget liburan lebih mudah.

  1. Jaga Kesopanan

Jaga Kesopanan

Penting bagi traveler untuk menjaga kesopanan di tempat wisata yang dikunjungi. Saat berjalan di bali kalian akan sering melihat banten/sesajen di depan tempat ibadah dan rumah, hindari dengan melewatinya, jangan sampai kalian malah sengaja menginjaknya. Jika kalian menginjaknya di depan pemilik atau penjaga took atau tempat sajen itu diletakkan, cukup berkata “maaf”.

Hargai dan ikuti istiadat setempat. Gunakan pakaian yang sopan. Jangan berjalan di depan orang yang sedang bersembahyang ataupun memotret dengan flash saat upacara berlanjung.

Itulah beberapa tips liburan ke bali yang bisa kalian manfaatkan jika berlibur ke bali. Berhasil atau tidaknya agenda liburan kalian tergantung dari persiapan yang kalian lakukan, persiapan yang matang akan membuat perjalanan kalian menjadi lebih mudah.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: