Nyari Tips Kuliah Sambil Kerja? Ini Dia!

Tips Kuliah Sambil Kerja – Tidak sedikit mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Alasannya bisa berbagai macam. Entah karena kondisi ekonomi atau sekedar keinginan untuk mencari pengalaman. Setiap orang memiliki prioritasnya masing-masing. Namun, jika Anda merupakan bagian dari kelompok ini, jangan sampai kerja mengganggu kewajiban Anda menuntut ilmu. Nah, berikut ada beberapa tips kuliah sambil kerja yang disesuaikan dengan kondisi Anda.

Tips Kuliah Sambil Kerja Ala Mahasiswa Semester Pertama

Tips Kuliah Sambil Kerja Ala Mahasiswa Semester Pertama

Pada semester-semester awal perkuliahan, mahasiswa masih disibukkan dengan jadwal perkuliahan yang padat. Selain itu, tugas perkuliahan juga masih menumpuk sehingga menyita banyak waktu luang Anda.

Meskipun demikian, kondisi ini tidak serta merta menghentikan Anda untuk mengambil pekerjaan. Sebaiknya, jenis pekerjaan yang Anda ambil adalah pekerjaan paruh waktu.Jadi, Anda bisa mengambil jadwal kerja yang tidak bentrok dengan jadwal perkuliahan. Pastikan pula, Anda masih memiliki sisa waktu luang yang cukup untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

Ketika mengambil pekerjaan, pastikan bahwa pihak kantor tahu bahwa Anda adalah mahasiswa. Dengan begitu, kantor mungkin bisa menerapkan kebijakan khusus yang membolehkan Anda bekerja pada jam-jam di luar kelas. Dengan kata lain, Anda perlu pintar-pintar mencari lapangan kerja yang fleksibel terhadap pekerja mahasiswa.

Tips Kuliah Sambil Kerja Ala Mahasiswa Tingkat Akhir

Tips Kuliah Sambil Kerja Ala Mahasiswa Tingkat Akhir

Berbeda dengan mahasiswa semester awal, mahasiswa tingkat akhir hanya disibukkan dengan pekerjaan tugas akhir dan jadwal bimbingan dengan dosen. Jadi, mahasiswa tingkat akhir memiliki waktu luang yang lebih banyak karena tidak ada jadwal perkuliahan lagi.

Nah, tipe mahasiswa ini bisa mengambil pekerjaan yang harian, bahkan magang di perusahaan. Meskipun demikian, Anda harus pintar dalam managemen waktu. Jika tidak dilakukan, banyak kasus dimana akhirnya mereka terlalu asyik bekerja sehingga melupakan tugas utama mereka untuk menyelesaikan tugas akhir. Buatlah jadwal terperinci untuk memisahkan waktu bekerja dan mengerjakan tugas akhir. Selain itu, bernegosiasilah dengan kepala kantor bahwa Anda mungkin akan izin di waktu tertentu agar bisa bertemu dosen untuk bimbingan.

Tips Kuliah Sambil Kerja Ala Karyawan

Tips Kuliah Sambil Kerja Ala Karyawan

Nah, bukan hanya mahasiswa saja yang bisa kuliah sambil kerja. Tetapi, karyawan di perusahaan atau instansi bisa juga bekerja sambil kuliah. Pegawai negeri sipil biasanya mengambil waktu cuti kerja selama kuliah, namun mereka masih tetap mendapatkan gaji. Tapi di sisi lain, ada karyawan perusahaan yang diijinkan untuk melanjutkan kuliah namun tetap sembari mengerjakan tugas mereka di kantor. Pilihan ini mungkinlah yang paling berat. Dikarenakan, keduanya memiliki skala prioritas yang sama.

Nah, solusi yang bisa diambil mungin mengambil kuliah kelas karyawan. Jadi, jadwal kuliahlah yang menyesuaikan waktu kerja Anda. Selain itu, pilih jurusan kuliah yang linear dengan pekerjaan Anda. Dengan begitu, Anda bisa dengan lebih mudah mengerjakan tugas dan melakukan penelitian untuk tugas akhir.

Jika Anda berkuliah dengan biaya sendiri, maka sebaiknya Anda memperhatikan beban biaya kuliah.Jangan sampai biaya tiap semester justru menguras habis gaji sehingga Anda justru kekurangan biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pertimbangkan untuk mencari beasiswa atau bantuan finansial pendidikan, jika Anda mengalami permasalahan biaya kuliah.

Tidak peduli apakah Anda mahasiswa semester awal, mahasiswa semester akhir, ataupun karyawan yang berkuliah, ketika berkuliah sambil kerja, maka pastikan bahwa diri Anda benar-benar siap dalam menghadapi situasi ini. Anda harus tahu bahwa kuliah sambil kerja membutuhkan tenaga dan pikiran ekstra. Sehingga, Anda perlu menjaga kesehatan agar tetap semangat menjalani keduanya.

Bila anda tertarik untuk mempelajari cara membuat surat lamaran kerja yang baik, anda bisa berkunjung ke website satriabajahitam.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: