Kenali Penyebab Pegal Linu

Pegal linu merupakan suatu penyakit yang biasanya terjadi pada bagian leher, punggung, kaki, maupun pada lengan. Biasanya pegal linu dialami oleh orang yang terlalu banyak duduk dan tidak melakukan aktifitas secara rutin. Tentu saja hal ini akan sangat menggagu dan menyebabkan tidak fokus dalam bekerja, terutama bagi yang harus berjibaku bekerja menggunakan komputer.

Pegal linu bisa terjadi dan dialami oleh siapa saja. Penyakit ini tidak mengenal usia, mau Anda tua atau masih muda sekalipun, jika memang kebiasaan Anda memicu timbulnya sakit ini maka pegal linu bisa menyerang Anda. Tidak peduli apakah Anda seorang walikota bahkan anak presiden sekalipun, jika memang Anda tidak berhati-hati menjaga kebiasaan baik maka bersiaplah untuk menderita pegal linu.

Penyebab Pegal Linu

Setelah mengetahui apa itu pegal linu, tentunya Anda ingin juga tahu apa yang menyebabkan tubuh seseorang mengalami sakit pegal linu. Untuk itu di artikel ini akan dijabarkan beberapa penyebab pegal linu, yang telah berhasil kami rangkum dari berbagai sumber yang kredibel.

  1. Aktifitas Fisik yang Berlebihan.

Sejatinya memang untuk melakukan aktifitas fisik sangat direkomendasikan, namun bukan berarti terus-terusan melakukan aktifitas fisik tanpa jeda istirahat. Tubuh mempunyai ambang batas yang jika Anda mengerjakan sesuatu melebihi ambang batas tersebut, tentunya akan berakibat kurang baik untuk tubuh. Silahkan Anda beraktifitas secara normal, namun waktunya harus dibatasi. Jangan sampai berlebihan dalam melakukan aktifitas fisik, ini yang menyebabkan terjadinya pegal linu.

  1. Adanya Ketidakseimbangan Mineral dalam Tubuh.

Adanya zat kalsium, kalium, magnesium dan natrium yang tidak seimbang dalam tubuh dapat memunculkan berbagai penyakit, salah satunya adalah pegal linu.

  1. Urat yang Mulai Kaku.

Urat yang mulai kaku dalam tubuh dapat menyebabkan elektabilitas tubuh menjadi tidak normal. Itulah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit karena pegal linu.

sakit pinggang

  1. Kurang Minum Air Putih.

Selain menyegarkan, air putih juga sangat penting bagi kesehatan seluruh tubuh. Dengan meminum air putih minimal 8 gelas dalam sehari dapat membantu untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh.

  1. Kesalahan posisi tidur.

Beberapa dari Anda pasti pernah mengalami ketika bangun tidur terasa nyeri dan sakit di beberapa bagian tubuh seperti liher atau punggung. Posisi tidur juga menjadi penyebab pegal linu. posisi badan di tempat tidur haruslah benar dan nyaman. Terutama di bagian leher dan punggung.

  1. Terdapat Penumpukan Asam Laknat di Otot.

Asam laknat yang menumpuk diotot dapat menyebabkan berbagai masalah otot. Inilah salah satunya yang memicu timbulnya pegal linu.

  1. Mengangkat Beban Terlalu Berat.

Beban yang terlalu berat yang diangkat oleh tubuh manusia dapat mengakibatkan cidera ringan hingga fatal, karena itulah sebisa mungkin untuk mengurangi jumlah beban yang ingin Anda angkat.

  1. Obesitas.

Seseorang penderita obesitas akan mengalami berbagai macam gangguan penyakit, terutama nyeri di bagian otot tubuh disebabkan karena menahan beban tubuh terlalu yang berat.

  1. Kerusakan Sendi.

Sendi merupakan bagian tubuh yang sangat vital, bila bagian ini mengalami masalah maka akan mengganggu kegiatan tubuh manusia. Adanya kerusakan pada sendi juga memicu sakit pegal linu.

Meskipun terkesan penyakit sepele, jangan sesekali Anda meremehkan pegal linu karena ternyata gangguan ini kemungkinan terjadi karena terdapat masalah yang serius pada tubuh Anda, misalnya Anda kemungkinan mengalami chronic spastic syndrome yang menyebabkan pegal linu sebagai tanda-tandanya.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: