6 Tips cepat diterima kerja. Sekali Melamar Pekerjaan, Langsung Diterima

Melamar pekerjaan – Pada zaman sekarang persaingan dalam dunia kerja semakin ketat sehingga untuk mendapatkan pekerjaan pun bisa dikatakan sangat sulit, buktinya banyak para pengangguran yang bergelar sarja. Bukan karena mereka tidak mau bekerja, tapi karena mereka tidak kunjung diterima kerja.

Mengajukan lamaran kerja berkali kali tapi tak kunjung dipanggil wawancara kerja, atau sudah ikut wawancara berkali kali tapi tak kunjung mendapatkan kabar baik. Jika berada pada kondisi demikian pasti rasanya sangat melelahkan. Bayangkan kalau kamu sudah berkali kali membuat surat lamaran kerja dan juga cv. Membaca dan menulusuri berbagai contoh surat lamaran kerja dan contoh CV demi membuat surat lamaran kerja dan cv yang menarik. Namun, semua seperti tidak ada artinya. Pasti sangat melelahkan bukan?

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya mulai dari sekarang mempersiapkan diri kamu dengan abik agar cepat diterima saat mengajukan laamran pekerjaan di sebuah instansi atau perusahaan. Nah, pada tulisan kali ini kita akan berbagi tips agar cepat diterima kerja dengan sekali mengajukan lamaran pekerjaan.

1. Lakukan Riset sebelum mengirim lamaran pekerjaan

cara menjawab pertanyaan wawancara kerja

magazine.job-like.com

Salah satu hal yang sangat penting kamu perhatikan dalam mencari pekerjaan ialah tidak asal mengajukan dan mengirim lamaran pekerjaan. Hindari perusahaan yang tidak sesuai dengan bidang keahlianmu dan tidak sesuai dengan minat agar kamu tidak buang buang waktu pada hal sia sia. Untuk mengatasi hal ini, hal yang perlu kamu kerjakan ialah dengan melakukan riset mendalam mengenai suatu perusahaan.

Hasil riset yang kamu lakukan menjadi dasar, apakah kamu layak mengajukan lamaran pekerjaan di sebuah perusahaan dan apa saja yang perlu kamu siapkan agar cepat diterima kerja hanya dengan sekali mengajukan lamaran.

2. Persiapan Pertanyaan Sebelum Interview

Mempersiakan pertanyaan yang akan diajukan kepada HRD saat mereka memintanya, terkadang dianggap sepele. Hanya pertanyaan, ngapain repot repot dipersiapkan segala, itulah perkataan sebagian orang. Namun, bagi kamu yang sudah pernah atau sudah berkali kali ikut interview pasti menyadari kalau hal ini benar benar harus dipersiapkan dengan baik.

Banyak orang yang tidak sanggup mengajukan satu pertanyaan pun saat HRD mengatakan ‘apakah ada pertanyaan mengenai perusahaan kami?’ atau mereka mengajukan pertanyaan yang sama sekali tidak berbobot atau pertanyaan yang justru menimbulkan kesan buruk di hadapan HRD. Hal demikian terjadi adanya rasa gugup saat interview dan tidak ada persiapan matang sebelum interview.

3. Perbarui Resume yang Sudah Usang dan Kurang Menarik

Sebelum mengirim lamaran pekerjaan, kamu harus menganalisa terlebih dahulu referensi surat lamaran CV yang terbaru dan menarik perhatian para HRD. Kalau kamu mengabaikan hal ini dan asal mengirim surat dan CV yang mungkin dianggap sudah usang, jangan harap surat lamaran kamu akan dilirik.

Terutama CV ahrus kamu buat sebagus dan semenarik mungkin, karena hasil riset menunjukkan bahwa CV yang tidak menarik hanya punya peluang 25% mendapatkan panggilan iteview kerja. Jadi, mulai sekarang jangan lagi anggap remeh hal ini. Susunlah contoh kata pengantar yang semenarik mungkin pada surat lamaran kerja dan CV yang kamu buat.

4. Perhatikan Bahasa Tubuh di Hadapan HRD

tips interview kerja

legkopolezno.ru

Bahasa tubuh merupakan sesuatu yang mesti kamu perhatikan dengan baik saat interview kerja karena kamu akan dinilai oleh para HRD dengan bahasa tubuh di hadapan mereka. Jangan tunjukkan bahasa tubuh yang terkesan kurang berkompeten dan terlihat minder.

Survei menunjukkan bahwa para HRD akan mengeliminasi para kandidat yang kurang senyum dan menunjukkan penampilan dan bahasa tubuh yang kurang menarik saat wawancara. Jagalah posisi tangan kamu dan juga posisi badan kamu dihadapan HRD, jangan membungkuk dan menyilangkan tangan di hadapan mereka, dan perbanyaklah senyum.

5. Berbusana Baik Ketika Interview

Perhatikan juga busana yang kamu pakai saat interview karena itu akan menjadi bagian dari penilaian HRD. Berpakaian tidak sopan akan membuat kamu berpeluang di depak dari para kandidat calon karyawan.

6. Belajar Nergosiasi Gaji

Pertanyaan mengenai gaji yang kamu inginkan akan menjadi bagian dari interview. Dalam hal ini kamu harus berapa harga yang layak dengan segala kemampuan yang kamu miliki. Dalam mematok kisaran gaji yang kamu inginkan, kamu harus menyesuaikannya dengan kemapuan, pendidikan, serta pengalaman yang setingkat dengan kamu. Misalnya kamu menginginkan gaji 4 juta dan kamu menganggap kamu memang sangat layak mendapatkan gaji dengan nominal tersebut bahkan lebih, kamu bisa katakan kalau menginginkan gaji di kisaran 4 sampai 5 juta.

Demikian penjelasan beberapa tips yang bisa menjadi bahan pertimbangan agar kamu bisa cepat diterima kerja hanya dengan sekali melamar pekerjaan. Perhatikanlah hal hal di atas agar kamu tidak lagi bosan selalu tereliminasi setiap kali mengajukan lamaran pekerjaan di sebuah perusahaan.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: