6 Makanan Khas Palembang yang Harus Kamu Cicipi

Palembang merupakan kota dengan potensi wisata yang besar. Palembang memiliki Jembatan Ampera yang berdiri kokoh di atas Sungai Musi. Jembatan tersebut menjadi ikon tersendiri bagi Palembang. Palembang juga terkenal dengan kelezatan makanannya, seperti pempek.

Namun, makanan khas Palembang tidak hanya pempek. Masih ada banyak makanan lezat khas Palembang dengan cita rasa yang menggoyang lidah. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Mi Celor

mi celor enak

smbadaruddin2-airport.co.id

Mi celor merupakan makanan khas Palembang yang sangat cocok disajikan ketika dingin. Mi celor merupakan mi dengan kuah kental yang terbuat dari rempah-rempah yang bisa menghangatkan tubuh. Mi celor disajikan dengan potongan daging sapi atau daging ayam, udang, daun bawang, kecambah, bawang goreng, dan telur rebus.

2. Pindang

Pindah adalah makanan khas Palembang yang sangat terkenal. Ada dua jenis pindang yang banyak ditemui di Palembang, yaitu pindang tulang dan pindang patin. Pindang tulang merupakan pindang yang terbuat dari tulang iga sapi yang dibumbui dengan kuah pindang.

Sedangkan, pindang patin terbuat dari ikan patin yang disiram kuah pindang. Biasanya, bagian kepala ikan patin merupakan bagian yang paling nikmat untuk dinikmati bersama kuah pindang. Pindang tidak disarankan untuk orang-orang yang tidak suka dengan makanan yang pedas karena pindang memiliki cita rasa pedas yang sangat menendang.

Selain itu, pindang paling nikmat disajikan dengan nasi putih yang masih hangat, sambal mangga, sambal tempoyak, lalapan, dan ikan teri goreng.

3. Kue Gandus

kue gandus enak

cookpad.com

Kue gandus adalah makanan khas Palembang dengan tekstur yang lembut serta rasa yang manis. Bahan baku dari kue gandus adalah campuran tepung kanji dan tepung beras. Biasanya kue gandus ditambah dengan abon ikan, ebi kering, bawang goreng, potongan cabai merah, dan potongan daun seledri untuk menambah cita rasa.

Kue gandus memiliki bentuk bulat dan berukuran kecil. Kue ini cocok untuk dijadikan camilan bersama teh hangat.

4. Dadar Jiwo

Dadar jiwo adalah kuliner khas Palembang yang unik karena bentuknya terinspirasi dari pempek pistel. Kulit dadar jiwo terbuat dari campuran tepung terigu, telur, dan air. Sedangkan, isi dari dadar jiwo terbuat dari pepaya muda yang dimasak dengan santan.

Kemudian, bagian luar dadar jiwo diberi hiasan irisan cabai merah dan taburan bawang goreng. Dadar jiwo sangat cocok disajikan sebagai camilan di pagi dan sore hari.

5. Burgo

Burgo merupakan makanan lezat khas Palembang dengan bahan baku tepung beras. Burgo memiliki bentuk dan tekstur yang menyerupai kwetiau, hanya saja burgo memiliki ukuran yang lebih besar. Burgo biasanya disajikan dengan kuah santan yang diberi bumbu merah atau bumbu pedas. Untuk menambah cita rasa, burgo disajikan bersama potongan telur ayam rebus, irisan daun bawang, dan sambal.

6. Lempok Durian

Lempok durian bisa dikatakan sebagai dodol durian. Namun, dodol durian khas Palembang ini berbeda dengan dodol yang ada di pasaran. Makanan yang satu ini memiliki tekstur yang berserat yang lembut di lidah.

Lempok durian memiliki rasa yang sangat manis karena sebagian besar bahan baku dari makanan ini adalah durian. Sehingga, lembok durian tidak bisa dinikmati bersama minuman bersoda.

Makanan khas Palembang tidak hanya terdiri dari enam makanan di atas. Masih ada banyak makanan lezat khas Palembang yang wajib dicoba ketika datang ke kota ini. Selain itu, ada makanan asli Palembang yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah seperti kerupuk kemplang, kerupuk pecah seribu, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: